7 hal berbahaya menggunakan Wifi gratis

Jangan lakukan 7 hal ini pada saat menggunakan Wifi gratis


Assalamu’alaikum.

Bagai mana keadaan teman-teman semua muda-mudahan selalu dalam keadaan sehat dan selalu diberi keselamatan oleh yang mahakuasa, bagi teman-teman yang kurang sehat semoga cepat sembuh supaya bisa mengerjakan pekerjaan sehari-hari seperti sedia kala amin.

Tentunya kita semua sudah tau tentang Wi-fi, Wi-fi adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi dan bahkan sekarang akan muncul teknologi baru yang bernama Li-fi teknologi yang akan menggantikan Wi-fi. Tetapi pada kali ini kita tidak akan membahas apa itu Wi-fi yang akan kita bahas kali ini adalah hal berbahaya pada saat menggunakan Wi-fi gratis.

Siapa disini yang suka berburu jaringan Wi-fi gratis? pada umumnya yang sudah memiliki smartphone pasti suka berburu Wi-fi apa lagi gratis. Tujuan berburu Wi-fi gratis adalah supaya pada saat mencari suatu informasi, mendownload video dan mengupdate aplikasi kuota yang kita punya tidak habis Dan pada umumnya jaringan Wi-fi ini lebih bagus ketimbang jaringan paket data seluler.

Tetapi teman-teman taugak bahaya yang akan mengintai kita pada saat menggunakan Wi-fi gratis? kalau belumtau marikita langsungsaja ini dia 7 hal berbahaya menggunakan Wifi gratis.

1.   Jangan Akses Sistem Informasi
Dengan adanya Wi-fi gratis kita bisa melakukan apa saja tanpa takut kehabisa kuota, Walaupun bisa melakukan apa aja dengan Wi-fi gratisan, tetapi janga pernah membuka email, data kantor dan juga data perusahaan karena bisa jadi pada waktu itu kita sudah di intai oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab dan pada akhirnya data yang kita dapatkan itu hilang semua alias kena bajak/ hacker.

2.   Jangan Melakukan Transaksi Online

Pada zaman sekarang ini semua orang maunya instan aja dari berbelanja, cek rekening dan juga tabungan. Sakin karena maunya instan semua malah dilakukan secara online.

Sangat tidak dianjurakan bertransaksi online pada saat menngunakan Wi-fi gratis karena pada jaringan Wi-fi gratisan tersebut cendrung tidak memiliki keamaan yang memadai. Dan karena itu data kita dengan sangat mudah dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Teman-teman mau data yang kita punya di salah gunakan oleh orang?

3.   Jangan Mengunjungi Situs Deep Web
 

Deep Web adalah kumpulan konten World Wide Web yang tidak terindex oleh mesin pencari standar (seperti Google, Bing, Yahoo). Meskipun tidak terlihat, konten Deep Web tetap dapat diakses dengan menggunakan tool khusus. Artinya situs yang biasa kita akses seperti Facebook, Google dll itu hanya 4% nya saja.

Kalau teman-teman tidak percaya teman-teman bisa perhatikan gambar di atas itu adalah ilustrasi dari Web secara keseluruhan dan kita berada pada bagian daratannya sangat kecil bukan. Sangat diharamkan untuk mengakses deep web melalui jaringan pribadi apalagi Wi-fi gratis. lah kok gitu? karena pada Web ini banyak tersebar firus, konten yang tidak bermoral dan juga hacker.

Dengan Wi-fi gratis aktifitas internet yang kita lakukan lebih mudah dilacak karena itu tadi Wi-fi gratisan tidak memiliki keamanan jaringna yang memadai. Kalau data yang kita punya hilang siapa yang akan tanggung jawab?  Waspadaya.

4.   Mengakses Konten Yang Tidak Pantas
Ya kenapa yang satu ini adalah suatu yang harus dihindari walaupun pada dasarnya menggunakan Wi-fi gratis adalah hak semua orang. Apabila kita mengakses konten yang tidak pantas orang sekitar kita akan mnjadi terganggu jadi untuk menjaga ketertiban umum jangan sesekali mengakses konten-konten tersebut.

5.   Jangan Tertipu Sama Situs Menarik
Saat mengakses internet lewat jaringan Wi-fi gratis, pengguna sering kali diarahkan secara otomatis ke berbagai situs menarik, tapi sebetulnya menjebak. Selain merupakan virus, situs ini juga secara tidak sadar akan mencuri informasi pribadi dan bahkan merusak perangkat yang kamu pakai.

Jadi, Wi-fi gratis memang tidak disarankan untuk mengakses website atau laman yang sifatnya pribadi, mulai dari media sosial, e-mail, akun bank, dan sebagainya.

6.   Jangan Tertipu Sama Wi-Fi “Jebakan”
Selain situs abal-abal, hacker juga bisa saja membuka jaringan wi-fi palsu yang dipakai untuk merekam semua info dan data pribadi siapa saja yang mengakses internet lewat jaringan palsu tersebut.Salah satu ciri dari wi-fi jebakan seperti ini adalah tidak tersedianya enkripsi SSL. Meskipun terlihat aman-aman saja, hal ini bisa menjadi celah bagi hacker untuk membobol semua data pribadi kita.

7.   Jangan Mengakses Situs Sensitif
Pada dasarnya tujuan orang untuk mengakses internet adalah untuk berburu informasi tebaru dari informasi hiburan, politik dan juga rahisa negara pun juga ikut dicari. Dengan Wi-fi gratis untuk mencari informasi tersebut tidak terasa sulit teapi hati-hati aja terutama untuk bagi teman-teman yang menggali informasi seuter teroris niat mau mendapat informasi malah kita yang disangka teroris.

Nah itulah 7 hal yang tidak boleh dilakukan pada saat sedang menggunakan Wi-fi gratis semoga setelah membaca artikel ini kita bisa lebih waspada pada saat menggunakan jaringan ini. Semoga artikel kali ini bermanfa’at untuk kita semua saya zakky salam teknologi.




1 komentar:

baru tau bahaya pake wifi gratis bang, terimakasih sudah share.
solder uap


EmoticonEmoticon