Cara Mendinginkan Laptop yang Selalu Panas

Cara Mendinginkan Laptop yang Selalu Panas


Assalamu’alaikum.

Selamat pagi, siang, sore dan malam teman-teman semua bagai mana keadaan nya semoga selalu dalam keadaan sehat dan mendapatkan kemudahan dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari, eeeetss! jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada sang maha pencipta yang telah memberi kita kenikmatan yang sangat banyak, bahkan kenikmatan itu niscaya kita tidak akan bisa menghitungnya walaupun memakai kalkulator sekalipun.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagai mana cara kita mengatasi laptop yang selalu panas dan terkadang laptop itu mengalami panas yang berlebihan. Perbedaan antara komputer panas dengan laptop panas yang sanat jelas adalah komputer jika panas tidak terasa langsung sedang kan laptop akan langsung terasa, karena Komponen pada komputer terpisah, sedangkan laptop yang menjadi satu kesatuan. Proses pengecekan pada komponen hardware di Komputer juga terbilang lebih mudah dibandingkan sebuah laptop. Nah karna itu saya ingin membagi sedikit ilmu kepada teman-teman semua supaya laptop yang teman-teman punya selalu dalam keadaan normal, mari kita langsung saja.

baca juga

1.
2.
3.
4.
5.

1. Cek Bagian Kipas Angin (Fans)


Laptop memiliki sebuah ventilasi udara yang di dalamnya terdapat sebuah kipas pendingin. Ventilasi tersebut yang memungkinkan udara panas keluar. Debu di daerah ventilasi bisa menghambat sirkulasi udara.Hal ini yang membuat laptop menjadi cepat panas. Kipas pendingin laptop yang sudah masuk usia tua (perlu diganti), terkadang udara panas yang di keluarkan tidak terlalu kuat, untuk cara mengetahui umur dari laptop bisa baca disini.

Ada kemungkinan kipas angin di laptop tersumbat oleh debu yang menumpuk di sana. Atau memang komponen hardware yang sudah memasuki masa ganti. Karena ada juga yang tidak keluar udara sama sekali.Laptop yang mengeluarkan suara bising dari kipas pendingin juga bisa menandakan ada sesuatu yang menyumbat di sana. Laptop baru bisa juga mengalami hal seperti ini (bisa karena kesalahan/cacat produksi).

2.  Bersihkan Debu yang Ada di Dalam Laptop


Memang wajar jika debu menumpuk, apa lagi kalou laptop sering digunakan dan sudah berumur tua. Debu bisa menghambat sirkulasi udara panas yang harusnya dikeluarkan dari dalam laptop. Tips membersihkan laptop dari debu bisa kita lihat terlebih dahulu. Pada bagian mana kira-kira debu atau angin bisa masuk ke dalam laptop? Setelah itu kita bisa menggunakan vakum penyedot debu untuk membersihkannya kalau tidak ada bisa menggunakan kuas.


3.  Menambahkan Kipas Pendingin Tambahan untuk Laptop


cara mendinginkan laptop berikutnya yaitu dengan cara menambahkan perangkat keras berupa kipas pendingin tambahan (eksternal) yang bisa Anda jumpai di toko-toko komputer terdekat.Nama lainnya biasa disebut dengan cooling pad. Tips sebelum membeli cooling pad yaitu perhatikan dan sesuaikan kipas pendingin untuk laptop ini dengan ukuran laptop Anda. Jangan terlalu besar dan terlalu kecil.
4.  Kurangi Beban Kerja Laptop untuk Mendinginkannya


pada saat kita menggunakan laptop terkadang kita tidak sadar bahwa kita telah membuka banyak aplikasi yang mungkin aplikasi tersebut membuat beban dari laptop terlalu besar sehingga laptop menjadi panas dan putaran dari fan juga cepat. cara mengatasinya adalah close aplikasi yang sudah tidak digunakan tetapi jangan lupa di save dulu nanti pekerjaan penting yang sedang di kerjakan akan ikut terhapus

5.   Hindari Menggunakan Laptop di Atas yang menghambat fentilasi dari laptop


Apa bila kita sedang menggunakan laptop hindari sekali tempat meletakan laptop tidak sampe menutupi lubang ventilasi dari laptop karena udara panas yang akan keluar dari laptop tidak akan keluar secara sempurna untuk mengetahui lebih lanjut bisa lanjuta baca disini

6.   Upgrade RAM


Ram adalah singakatan dari Memori akses acak (bahasa Inggris: Random access memory, RAM), dimana ram dalah suatu tipe penyimpanan komputer yang di isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Fungsi dari untuk membantu kinerja komputer anda agar bisa menyimpan data secara sementara.

Logika dari ram ini adalah anggap kita berada dalam suatu ruangan contohnya ruangan pertama yang ukurannya 4 * 4 maka berapa banyak barang yang bisa kita masukan kedalam ruangan  4 * 4 tersebut? bandingkan dengan ruangan kedua yang memiliki ruangan yang berukuruan 8 * 8, mana yang lebih banyak muatan ruangan pertama atau ruangan kedua. Jadi seperti itu juga dengan RAM apabila laptop kita memiliki RAM yang besar maka software yang dapat ditampungnya pada saat sedang aktif bisa banyak dan dengan besarnya RAM kita tidak perlu takut karena laptop tidak akan cepat panas. karena itu RAM juga dapat mengurangi dari panas laptop.

Nah itulah beberapa cara yang dapat menurunkan panas dari laptop. Sebenarnya laptop panas itu adalah normal, tetapi laptop yang mengalami panas yang berketerusan mungkin ada masalah dari laptop tersebut mungkin cara di atas bisa menjadi solusi untuk laptop yang selalu panas. semoga artikel kali ini bermanfa’at untuk kita semua saya Zakky salam teknologi.
wassalam.




1 komentar:

kalau dibiarkan takutnya maalh merusak laptop ya...
solder uap


EmoticonEmoticon