Jaringan 4G Indonesia

Jaringan 4G Indonesia
Assalamu’alaikum...

Pasti dari sahabat semua sudah tahu apa itu dengan jaringan 4G dan sering menggunakan nya untuk keperluan sehari-hari walaupun jaringn 4G ini belum tersebar secara merata di Indonesia.
Sedikit informasi penemu dari jaringan 4G itu sendiri adalah seorang Indonesia bernama Khoirul Anwar. Bergelar Doktor, Khioirul dikenal sebagai salah satu diaspora yang sukses mengembangkan teknologi komunikasi di sebuah universitas di Jepang. 

Baca Juga

1. Hal yang Akan Terjadi Apabila Teknologi komunikasi di Hapuskan

2. Kenapa Harus Pake Asus ROG
3. Jaringan 5G
4. Vidio Balun
5. Huawei Buat Tower Wireless Charger Untuk Drone


Nah Untuk menambah wawasan kita tentang apa itu jaringan 4G mari kita bahas bersama-sama.
Cuzzzz...

Apa itu jaringan 4G???



4G adalah singkatan dari istilah dari fourth-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada standar generasi keempat dari teknologi telepon seluler. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G dan 2G. Sistem 4G menyediakan jaringan pita lebar ultra untuk berbagai perlengkapan elektronik, contohnya smartphone dan laptop menggunakan modem USB.
Terdapat dua kandidat standar untuk 4G yang dikomersilkan di dunia yaitu standar WiMAX (Korea Selatan sejak 2006) dan standar Long Term Evolution (LTE) (Swedia sejak 2009).

Di Indonesia, WiMAX pertama kali diluncurkan oleh PT. FirstMedia dengan merek dagang Sitra WiMAX sejak Juni 2010. Kemudian teknologi LTE pertama kali diluncurkan oleh PT. Internux dengan merek dagang Bolt Super 4G LTE sejak 14 November 2013.

Sistem 4G menyediakan solusi IP yang komprehensif di mana suara, data, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan di mana saja, pada rata-rata data lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Ini adalah daftar frekuensi dari jaringan 4G Indonesia
Berikut ini daftar band frekuensi LTE di Indonesia yang kami rangkum dari berbagai sumber:
  1. Telkomsel: B8 FDD LTE frekuensi 900 MHz / B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz
  2. Indosat Ooredoo: B8 FDD LTE frekuensi 900 MHz / B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz
  3. XL Axiata: B8 FDD LTE frekuensi 900 MHz / B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz
  4. Tri Indonesia: B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz
  5. Smartfren: B5 FDD LTE frekuensi 850 Mhz / B40 TDD LTE frekuensi 2.300 MHz
  6. Bolt: B40 TDD LTE frekuensi 2.300 MHz
Jenis teknologi 4G LTE yang digunakan operator seluler Indonesia saat ini adalah FDD LTE (Frequency Division Duplex), TDD LTE (Time Division Duplex), serta LTE Advanced, ketiga teknologi tersebut memiliki kekurangan dan juga kelebihan. Teknologi FDD ini dapat bekerja pada 2 frekuensi berbeda secara bersamaan yaitu frekuensi FDD LTE 900 MHz dan FDD LTE 1.800MHz. Penggunaan teknologi FDD di 2 frekuensi ini dekenal dengan istilah dual carrier, kelebihannya adalah upload dan download menjadi seimbang karena berjalan di frekuensi berbeda.
Sementara TDD LTE B40 frekuensi 2.300MHz memiliki kelebihan salah satunya adalah unggul dalam kecepatan download, cara kerja TDD LTE menerima serta mengirim data di frekuensi yang sama secara bergantian dan kelemahannya adalah pada kecepatan upload. Sedangkan untuk teknologi LTE Advanced adalah hasil pengembangan antara FDD LTE dengan TDD LTE, LTE Advanced yang dapat berjalan secara bersamaan di FDD LTE dan TDD LTE.
Manfaat yang kita dapatkan dari jaringan 4G ini
Manfaat jaringan 4G sangat terasa terutama jika sahabat seseorang yang senang berselancar di Web dan streaming video. Dengan 4G, pengalaman berinternet pun jadi lebih baik dengan tersedianya konten-konten multimedia yang lebih kaya dan dapat diakses dengan cepat. Selain itu, layanan 4G pun bisa meningkatkan produktivitas. Semakin tinggi kecepatan transfer data, maka semakin cepat dan banyak pula tugas yang bisa diselesaikan.

Nah itulah sedikit informasi dari saya tentang jaringan 4G Indonesia...
Semoga bermanfa’at bagi kita semua dan menambah wawasan kita...
Saya zakky salam teknologi
Wassalam...





2 komentar

https://bosvipdomino.blogspot.com/2018/11/guru-cantik-di-bali-bikin-berasa.html


EmoticonEmoticon