Jaringan 5G

Jaringan 5G
Assalamu’alaikum...

Bagai mana keadaan nya pada hari ini teman-teman? Semoga dalam keadaan sehat dan dapat menjalan kan aktifitas dengan lancar aminnnnnn.

Pada artikel sebelumnya kita telah membhas tentang Jaringan 4G klik disini Dan kali ini kita akan membahas suatu trobosan baru yaitu jaringan 5G. Jaringan ini adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler meleibih standar 4G.Walaupun jaringan 5G masih dalam pengembangan tetapi sejumlah negara sudah bersiap menyongsong koneksi 5G dan Standarisasi 3GPP relese 16 kemungkinan akan keluar 2018.

Mengapa negara lain sudah bersiap menyongsong koneksi 5G?

Mari kita langsung saja cari tahu jawabannya cuzzzzz...

Keunggulan jaringan 5G

1. Kecepatan LuarBiasa
Salah satu hal yang sudah pasti terjadi ialah meningkat nya kualitas berselancar.Kecepatan 5G dinilai mampu 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan teknologi jaringan 4G yang ada saatini.Dengan kecapatan seperti itu, teknologi 5G bisa memungkinkan untuk mengunduh 33 film High Definition hanya dalam beberapa detik.
2. Minim Gangguan
Selain kecepatan yang super cepat, jaringan 5G dinilai lebih nyaman digunakan.Pasalnya teknologi 3G bahkanhingga 4G sampai saatini masihsering mengalami gangguan, namun berbeda jika sudah menginjak teknologi jaringan 5G.
Namun, tentusaja adahal yang dapat memicu kualitas sinyal yang diberikan jaringan ini, seperti lokasi.
3. Mendukung Teknologi Baru
Dengan hadirnya teknologi jaringan 5G ini, makatak dapat dipungkiri pula beragam teknologi baru akan bermun culan.Seperti smartphone 5G, bahkansampai modem 5G yang sampai saat ini mulai banyak dikembangkan.
4. Minimnya Latensi
Latensi merupakan feedback dari sebuah sinyal yang diberikan dan diterima ketika melakukan klik yang berhubungan dengan Internet.Jika pada jaringan 4G LTE membutuhkan kisaranwaktu 10 milidetik, di jaringan 5G jauhlebih cepat.Pada jaringan 5G batas maksimal latensihanya 1 milidetik.Coba Anda bayangkan kecepatannya?
5. Bisa Dinikmati PadaTahun 2018
Menurut prediksi pengamat dan juga pengembang tak lama lagi bagikita untuk merasakan jaringan 5G ini.Pengadopsian jaringan 5G ini, juga dinilai lebih cepat dibandingkan dengan dua jaringan sebelumnya.Kemungkinan jaringan ini akan keluar dirilis 2018 mendatang.
Namun, untuk Negara kita harus ekstrasabar.Karena, tentu sudah takasinglagi, jika pengembangan teknologi di Indonesia selalu mendapat kanpening katan yang sedikit terlambat.
Kapan Jaringan 5G di Indonesia?
Menurut dari data para sumber jaringan 5G,di Indonesia masuk pada tahun 2020 karena sudah di sebutkan sebelumnya “pengembangan teknologi di Indonesia selalu mendapatkan peningkatan yang sedikit terlambat”. 

Saat ini spektrum 1,8 GHz banyak digunakan untuk 2G. Kalau mau memberikan layanan 4G secara maksimal, harus lebih dari 20 Mhz. Total yang operator punya 22,5 Mhz, itu pun masih bercampur dengan 2G di dalamnya.Kalau ingin lebih cepat dalam pengembangan 5G di indonesia terlebih dahulu meratakan jaringan 4G saat ini, untuk dapat meratakan ada beberapa cara menurut dari beberapa sumber :


1.      Mengajak masyarakat untuk berpindah ke jaringan 4G Jika masyarakat berhasil diajak berpindah ke 4G. Spektrum yang digunakan untuk jaringan 2G dapat dimaksimalkan untuk 4G. Sehingga ketika 5G datang, dapat langsung diterapkan tanpa perlu penantaan.

2.      Membuat smartphone 4G terjangkau untuk masyarakat di daerah-daerah. "Harganya di bawah Rp 800 ribu, Dengan ponsel tersebut diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang keunggulan dari jaringan 4G.

3.      Turut sertanya berharap pemerintah membuat aturan tegas soal keberlangsungan jaringan 2G di Tanah Air. Sehingga migrasi ke 4G akan semakin cepat lagi.

apa bila jaringan 4G sudah merata di tanah air ini untuk penerapan ke 5G sangat mudah karna tinggal mengadopsinya saja.

Pastinya dengan kecepatan data dari jaringan 5G tersebut kita lebih leluasa dan tidak akan jengkelagi dengan jaringan yang lemot.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua.

Saya zakky salam teknologi.


Wassalam...

1 komentar:


EmoticonEmoticon