Perbedaan antara windows 32bit dan 64bit

Perbedaan antara windows 32bit dan 64bit


Assalamu’alaikum.

Pada kali ini kita akan membahas tentang perbedaan antara windows 32bit dan windows 64bit. Yang sebelumnya kita telah membahas tentang cara melihat basis windows yang kita gunakan. Teman-teman pasti jarang meperhatikan basis windows yang digunakan apakah windows 32bit atau windows 64bit. Sebenarnya perbedaan tersebut akan berpengaruh pada kinerja laptop atau komputer yang sedang kita gunakan.

baca juga

1.
2.
3.
4.
5.

Nah bagi teman-teman yang belum tahu apa saja perbedaan dari windows 32bit dan windows 64bit mari kita langsung saja dan jangan lupa baca sampai habis ya guys hehehehe.

1.  Jumlah RAM yang Dapat Digunakan

Perbedaan ini adalah perbedaan yang harus wajib diketahui, karena Windows 32bit memiliki batas yang lebih kecil dari windows 64bit. Windows 64bit dapat membaca RAM 4GB lebih, tetapi pada windows 32bit hanya bisa membaca RAM 3GB saja walaupun kita memasang RAM 4GB lebih.

2.  Performa Windows 32bit dan Windows 64 bit

Performa Windows 32bit dan Windows 64bit sebenarnya ditentukan oleh prosesornya. Sebenarnya kemampuan windows 32bit yang dipasangkan prosesor core i3 dengan windows 64bit yang juga dipasangkan prosesor yang sama akan memiliki performa yang tidak jauh beda. Tetapi perbedaan yang mendasar adalah windows dengan basis 32bit hanya cocok untuk aplikasi ringan contohnya aplikasi kantoran dan akalau untuk basis windows yang 64bit cocok untuk editing dan grafis.

3.  Kemampuan Dalam Memproses Data

Perbedaan arsitektur antara basis Windows 32bit dengan basis windows 64bit tentu akan sangan bepengaruh terhadap memproses data pada komputer atau laptop itu sendiri. Mungkin perbedaan yang harus diketahui adalah angka 32bit dan angka 64bit adalah angka yang mewakili kecepatan memproses data dalam satukali putaran. Nah disini saja kita sudah tau mana Performa yang lebih baik.

4.  Kompabilitas Software


Ini adalah perbedaan yang sangat berpengaruh, ya kenapa tidak Windows yang berbasis 32bit yang apabila kita menginstalkan aplikasi yang berbasis 64bit sudah pasti tidak akan bisa dijalankan. Berbeda dengan Windows yang berbasis 64bit, Windows yang berbasis 64bit lebih leluasa dalam menjalankan aplikasi yang berbasis 32bit. tetapi ada beberapa aplikasi yang memiliki basis 32bit tidak bisa dijalankan pada pada windows 64bit contohnya adalah Nitro PDF 32bit dan maple 32bit. 

Nah itulah perbedaan antara basis windows 32bit dan basis windows 64bit yang harus teman-teman ketahui semoga artikel kali ini bermanfa’at untuk kita semua saya zakky salam teknologi.
wassalam.


1 komentar:

sip infonya, terimakasih sudah share ya bang
solder temperatur


EmoticonEmoticon