Perbedaan Antara Laptop, Notebook dan Netbook

Perbedaan Antara Laptop, Notebook dan Netbook

Assalamu’alaikum
Kali ini kita akan melihat “perbedaan pada laptop dengan notebook”  Ternyata banyak masyarakat yang masih keliru dengan istilah Notebook dan Netbook di Indonesia. Ada yang mengatakan kalau Netbook adalah Laptop, atau bahkan sebaliknya. Pada jaman sekarang, komputer seperti sudah menjadi barang yang wajib dimiliki oleh setiap orang karena tuntutan produktivitas atau kegiatan sehari-hari.

Baca juga

·         TrikCara Memilih Power Bank





Sebelum kita masuk kedalam materi “perbedaan antara laptop, Notebook dan Netbook” kita harus mengetahui terlebih dahulu bahwa asal nama dari ketiga barang itu dari bahasa ingris yang memiliki arti masing-masing. Lalu mengapa di Indonesia ketiga  barang tersebut banyak orang yang menyebut Laptop? Karena pemanggilan nama laptop lebih familiar dan sudah lama dikenal.
Nah untuk mengetahui lebih lanjut perbedaan dari laptop, notebook dan netbook mari kita lasung saja masuk dalam materi cuzzzz.


1.   Perbadaan Dalam Ukuran

Perlu kita ketahui, yang disebut Netbook adalah yang memiliki ukuran layar antara 6-13 inci, sedangkan ukuran layar pada Notebook 13.1 inchi hingga 18 inchi, sedangkan laptop memiliki layar 18 inchi ke atas. Laptop dan Notebook memiliki berat berkisar 1 kg hingga 8 kg tergantung pada ukuran, bahan, desain dan spesfikasi kedua perangkat tersebut, biasanya Notebook lebih ringan karena desainnya yang tipis atau yang biasa disebut ultrabook.

2.   Spesifikasi

1.      Netbook
Netbook memiliki ukuran yang terbilang kecil, yakni 6-13 inci, tentu tidak bisa memiliki spesifikasi yang terlalu tinggi, biasanya hanya dibekali processor kelas menengah ke bawah dan tidak memiliki RAM lebih dari 2 GB, serta dengan grafis layar yang standar. Yang menjadi ciri khas dari Netbook adalah ketidakhadirannya DVD-ROM di dalam Netbook ini.

2.      Notebook

Notebook memiliki speisifikasi yang cukup memadai dan hampir sama dengan komputer jenis PC. Notebook bisa saja memiliki HardDisk yang besar, Processor yang kuat, dan memiliki DVD-ROM. Hanya saja, ada juga beberapa Notebook yang tidak memiliki DVD-ROM karena tuntutan ketipisan barang.

3.      Laptop

arti dari laptop yang dimaksud jika orang menyatakan laptop dalam dunia moderen ini yaitu adalah juga merupakan komputer jinjing yang relatif berukuran kecil dari komputer yang beratnya lebih ringan dari 6 kg, berat disini tergantung dari ukuran dan model, kalau saya spesifikasikan Laptop itu ukurannya lebih besar dari notebook atau dengan kata lain laptop itu memiliki CD Room atau pemutar CD maupun DVD. Ukurannya bermacan macam mulai dari 12 inch keatas. (sumber : wikipedia)

3.   Kesimpuan

Saat ini, sangat sulit untuk membedakan antara Notebook dan Laptop, karena menurut Saya sendiri, Notebook adalah adaptasi dari Laptop, dengan model dan komponen yang tidak berbeda jauh. Sedangkan untuk Netbook, tentu masih dapat dibedakan dengan kecilnya ukuran layar dan tidak memiliki DVD-ROM di dalamnya.

Nah itulah perbedaan mendasar dari ketiga barang tersebut semoga artikel kaliini bermanfa’at untuk kita semua.

Saya zakky salam teknologi.



Wassalam.

1 komentar:

ternyata ketiganya berbeda yaa...
solder uap


EmoticonEmoticon