Contoh Perancangan Simulasi Jaringan Komputer Part# 2



Contoh Cara Perancangan Simulasi jaringan Komputer pada Cisco Packet Tracer
Part# 2

Assalamu’alaikum...

Semoga pada hari ini teman-teman semua dalam keadaan sehat dan saya mendo’akan kita semua mendapatkan keberkahan dari yang maha kuasa dalam setiap langkah yang kita lakukan amin. 

Nah pada kali ini kita akan memulai part # 2 dari contoh menerapan simulasi jaringan pada Cisco packet tracer. Yang pada part# 1 nya kita sudah memulai dengan menghubungkan 3 buah komputer dengan hup.

Baca juga:
     ·         Apa Itu Vidio Balun

     ·         Selamat Tinggal Windows Vista

Tidak panjang lebar lagi marikita langsung saja tutorial kita kali ini yaitu cara membuat simulasi jaringan wireless pada  Cisco packet tracer.
Cuzzzz...
Part# 2 cara membuat simulasi jaringan wireless
Disini teman-teman akan membuat simulasi jaringan wireless menggunakan rangkaian jaringan pada Part# 1. Jadi disini kita hanya akan melanjutkan dari part# 1 saja ok.

     1.      Open simulasi jaringan pada part# 1 dan tambahkan 1 buah laptop pada simulasi tersebut dengan cara klih pada End devices lalu pilih laptop dan wireless device disini kita menggunakan WRT300N setelah itu hubungkan router dengan hup menggunakan kabel croossetelah terhubung tunggu sebentar sampai kedua ujung kabel otomatis berwarna hijau contoh:



     
      2.      Cara set Ip pada wireless device nya supaya tidak terjari kesalahan adalah
Klik WRT300N tersebut > klik GUI > tukar IP pada wireless tersebut yang awalnya 192.168.0.1 menjadi 192.168.0.10 supaya nantinya tidak ada yang bentrok IP address setelah itu save contoh:





      3.      Klik gambar laptop tersebut maka akan keluar jendela tampilan sebagai berikut.


     4.      Matikan dulu laptop pada simulator karena kalau tidak dimatikan laptop pada simulator tidak bisa kita bongkar-pasang, apanya yang akan di bongkar pasang zakky? Disini kita akan mengganti koneksi RJ45 dengan koneksi wirelwes. Tombol on of laptop pada simulator berbentuk lingkaran perhatikan gambar berikut:

 
 klik tombol lingkaran itu sehingga lampunya mati.

     5.      Sekarang kita akan mengganti koneksi RJ45 dengan wireless dengan cara klik tahan pada blok koneksi RJ45 > lalu bawa ke tabel kiri > setelah itu lepaskan sehingga bagian tersebut terlihat kosong contoh:



     6.      Sekarang kita akan memasangkan koneksi wirelessnya disini kode koneknya adalah WPC300N caranya sama klik tahan dan lepaskan pada yang kosong tadi setelah itu hidupkan laptopnya kembali maka dia akan terhubung dengan wireless device dengan sendirinya contoh:



 Nah sekarang tinggal ping caranya sama pada memping komputer pada Part# 1 sebelumnya.


Latihan.
Buatlah simulasi jaringan wireless yang di hubungkan dengan 3 buah laptop.

Nah itulah cara membuat simulasi jaringan wireless semoga bermanfaa’at untukita semua, terimakasih.
Saya zakky salam teknologi.

Wassalam.

1 komentar:


EmoticonEmoticon