CCTV

Teknologi CCTV
Assalamu’alaikum.
Pasti bnyak di antara kita sering mendengarkan kata CCTV dan pada zaman sekarang siapa sih yang tidak mengetahui CCTV mungkin hanya orang pedalaman yang tidak terjangkau oleh telekomuikasi saja yang tidak mengetahui. CCTV adalah kamera pada umumnya digunakan untuk pelengkap sistem keamanan dan juga banyak dipergunakan di berbagai lokasi seperti bandara, kemiliteran, kantor, pabrik, dan toko. Bahkan semakin berkembanya teknologi, CCTV sudah dipasang dalam lingkungan rumah pribadi.

Apa bila anda seorang teknisi CCTV yang sudah handal pasti paham betul bagai mana cara merakit sebuah CCTV dari mulai erekam sampai penyimpanan dan bahkan tataletak pemasangan kameranya supaya apa yang diamati dapat terekam dengan jelas. Nah bagi anda yang masih belajar Khusus nya bagi anak SMK yang mempunyai materi tentang CCTV inilah daftar perlengkapan CCTV Camera wajib ada saat instalasi. Marikita langsung aja cuzzzz....

CCTV
CCTV adalah singkatan dari kata Closed Circuit Television, yang artinya menggunakan sinyal yang bersidat tertutup atau rahasia, tidak seperti televisi biasa pada umumnya yang merupakan broadcast signal.Sebagai sistem keamanan, CCTV terdiri dari beberapa bagian, ialah sebagai berikut.
1. Camera
Nah yang pastinya adalah Camera CCTV.Camera CCTV berfungsi sebagai alat pengambil gambar. Camera CCTV terdiri dari beberapa tipe yang dibedakan dari segi fungsi, kualitas dan penggunaannya. Terdapat 2 kategori utama yang meliputi:

Camera CCTV Network ( menggunakan Jaringan Wireless )

Camera CCTV Analog ( biasanya menggunakan Coaxial Cable)

Dan untuk penggunaan ada dua yaitu:

Camera CCTV indoor ( kamera yang digunakan untuk didalam ruangan )

Camera CCTV outdoor ( kamera yang digunakan untuk diluar ruangan )


2. Monitor
Kegunaan dari monitor adalah untuk menampilkan apa yang sedang direkam oleh kamera CCTV.

3. DVR (Digital Video Recorder)
DVR kepanjangan dari Digital Video Recorder adalah salah satu perangkat yang diguanakan camera CCTV untuk merekam gambar atau yang dikirim oleh camera ke dalam perangkat ini. Terdapat 2 kategori penting didalamnya, yaitu:
Stand Alone DVR
PC Card DVR
Terdapat bayak sekali fitur dari DVR yang bisa anda manfaatkan sebagai alat keamanan, contoh salah satunya ialah merekam semua kejadian atau peristiwa dimana hasil rekaman seringkali dipergunakan dalam kasus peradilan dalam membuktikan suatu perkara atau kejadian. Ada berbagai jenis DVR yang dapat digunakan dengan fitur dan keunggulan yang berbeda-beda. Keunggulan atau spesifikasi DVR inilah yang menentukan berapa banyak kamera yang dapat dipasang dan kualitas gambar yang dihasilkan. Bisa 4 chanel,8 chanel, dan bahkan sampai 32chanel tergantung dari DVRnya.

3. Hard Disk Drive (HDD)
HDD adalah singkatan dari Hard Disk Drive yang merupakan media penyimpanan data dari gambar video yang telah direkam.Hard Disk Drive dipasang di dalam DVR. Semakin besar kapasitas HDD maka semakin panjang pula proses perekaman yang dapat dilakukan oleh CCTV tersebut.



4. Coaxial Cable
Ini adalah kabel yang merupakan kabel penghantar signal video dari kamera CCTV ke DVR, atau sebaliknya dari DVR ke monitor. Kabel ini juga biasa digunakan pada Parabola TV untuk menghantarkan sinyal yang didapatkan oleh para bola ke DVR.

5. Power Cable
Kabel ini diperlukan apabila kabel kamera CCTV yang disediakan tidak cukup panjang untuk menjangkau sumber listrik terdekat.

6. BNC Connector
Adalah konektor yang dipasang pada kabel coaxial.

Nah itulah yang perlu dilengkapi apabila kita ingin merakit sebuah jaringan CCTV.
Itulah sedikit informasi dari saya tentang CCTV semoga bermanfaat untuk kita semua
Saya zakky salam teknologi...
Wassalam...




1 komentar:


EmoticonEmoticon