Memilih Game console atau PC

Memilih Game console atau PC


Assalamu’alaikum...
Wahai para gamersejati marikita membahas perbedaan antara game console dan game PC yang di antara keduanya pasti mempunya kekurangan dan kelebihan masing-masing.
Nanti setelah kita membahas tentukan pilihan anda apakah memilih console atau pc itu semua saya serahkan kepada anda.
Marikita langsung saja membahas Game console VS game PC cuzzz...
PC Geming



komputer atau laptop merupakan sebuah benda yang wajib dimiliki, terlebih jika dia seorang pelajar, pengusaha, atau bahkan pedagang sekalipun. Mari kita bahas Positif dan Negatif dari Game PC.
      1.      Kelebihan game PC

a.       Multifungsi
mungkin hampir semua orang setuju kalau PC gaming merupakan sebuah perangkat serba bisa, dia bisa untuk mengerjakan berbagai macam tugas, baik tugas sekolah, tugas kantor, juga bisa sebagai sarana hiburan, seperti mendengarkan musik, menonton film, melihat foto atau gambar, dan yang pasti bermain game. Dan untuk game nya sendiri bisa game game high atau game msa kini. Jadi dengan kelebihan ini sebenarnya sudah merupakan kelebihan mutlak sebuah PC gaming.

b.      Mudah untuk upgrade
Seperti yang kita ketahui bahwa dari tahun ke tahun para vendor game dunia selalu membuat sebuah  game yang semakin nyata semakin bagus dan semakin tinggi tingkat grafisnya, sehingga sebuah PC mau tidak mau harus mengikuti Spesifikasi minimal bila mau memainkan game tersebut, dan disinilah keuntungan memiliki sebuah PC gaming. Karena kita tinggal mengupgrade bagian yang kurangnya saja. Sebagai contoh prosesor yang merupakan sebuah otak keseluruhan dari perangkat komputer, kita tinggal mengupgrade dengan  prosesor yang lebih tinggi kelasnya, tentu dengan mempertimbangkan kecocokan slotnya. Atau kita mau upgrade RAM maka tinggal beli RAM tambahan tanpa harus membuang RAM yang sudah ada, begitu pula bagian yang lainnya.

c.       Sarana Untuk Belajar
Berbagai macam software pembantu belajar, maupun software yang berhubungan dengan hobi juga bisa diinstal di PC, seperti software pembuat animasi, software olah foto , software olah video maupun musik, juga software bahasa juga ada. Jadi sangat membantu proses belajar tentunya, dan juga bisa menambah kreatifitas dan SDM kita semua. Tak bisa dipungkiri bahwa sekarang para siswa SMA diwajibkan memilik sebuah PC atau Laptop untuk membuat tugas, seperti tugas makalah atau tugas membuat presentasi. Demikian pula banyak guru guru dan dosen universitas yang kini mengajarkan berbagai disiplin ilmu lewat Laptoop dan bantuan proyektor, jadi  keberadaan PC disamping bisa untuk gaming, juga bisa sebagai sarana belajar.

d.      Sumber Penghasilan
Pastinya karena dengan PC kita bisa menghasilkan uang dari yang amatir sampai yang profesional contohnya jika kita pergi ke studio foto disana pasti memerlukan software sekurang-kurangnya aplikasi photoshop untuk mengedit foto dan contoh yang lain orang yang hanya menjual asesoris komputer,orang yang menjualnya tidak mautau tentang spek dari komputer kita tetapi dia hanya ingin brapa uang yang kita keluarkan untuk dia, Dan tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang banyak orang yang mencari asesoris untuk komputernya.

Suatu barang yang memiliki kelebihan pasti memiliki kekurangan karena yang sempurna itu hanya milik yang mahakuasa.betuuuul....
      2.      Kekurangan PC Gaming
a.    Harga Mahal
Pastinya karena dalam merakitnya saja itu sudah mengeluarkan uang yang cukup banya belum lagi dalam meng upgrade sudah pastinya mengeluarkan uang lagi.

b.    Dalam pengaturan game
Sebenarnya relatif juga sih, dibilang rumit bagi orang awam namun simple untuk yang sudah biasa. Jadi gini orang itu biasanya ketika mau main game, pengennya langsung main tanpa harus setting ini dan itu lalu tanpa harus khawatir PCnya kompatible ga ya atau VGA nya cukupp ga ya dan lain sebagainya. Berbeda dengan game console yang tinggal nyalakan dan langsung main, tanpa harus memikirkan VGA,Prosesor, RAM dan lain sebagainya.

c.    Boros listrik
Nah untuk point yang terkahir ini mungkin merupakan momok bagi semua gamer ditanah air. Bagaimana tidak, sebuah PC Gaming yang dituntut menghasilkan grafis yang yahut pasti membutuhkan komponen super yang tentunya membutuhkan daya listrik yang super juga, belum ditambah monitor yang kebanyakan dari kita sudah nyaman dengan layar diatas 19 inc. Belum ditambah gampang panasnya komponen didalam CPU, mengakibatkan kita sering untuk menambah fan cooling untuk membuat CPU lebih dingin, dan bahkan sekarang sebuah PC memintak arus sebesar hampir 1500W.

Nah sekarang kita membahas dari game Console.
Game Console



           1.      Keunggulan game console
a.       Sangat praktis
Sangat praktis disini ialah kita tidak perlu mengatur  kompatibel dari consolenya tinggal hidupkan dan mainkan selesai.

b.      Mesin game yang pauntuk ruang tamu
Bagi kita yang sangat menyukai santai di sofa ruang tamu game consol lebih akan menemani kita dengan kemudahannya dan game conlsole menawarkan bermain game lebih nyaman untuk di ruang tamu dengan jarak yang jauh.

c.       Masalah dari cheater sangat sedikit
Game consol yang tentu saja belum diretas, untuk memainkan game-game terbaru yang memang dirilis dengan fokus multiplayer sebagai komponen gameplay utama. Bahwa ia menjamin sebuah kondisi yang dipastikan bebas cheater.


d.      Memakan arus yang sedikit
Memang tidak bisa dipungkiri game console yang sudah didisain untuk gaming dan kita tidak perlu khawatir dengan VGA,prosesor dan lain-lain seperti di PC yang memerlukan daya arus setiap komponennya. Di console semua itu sudah tebayar hanya dalam satu boxsaja plus monitor.

           2.      Kekurangan game console
a.       Tidak bisa melakukan pekerjaan sehari-hari
Memang tidak seperti PC game console hanya didisain untuk bermain game saja sudah pasti tidak bisa melakukan tugas pengetikan apa lagi pengeditan.

b.      Tidak bisa untuk belajar
Sudah pastinya karena di consol tidak bisa mengistal software tambahan.

c.       Tidak bisa upgrade
Game console yang sudah didisain khusus memangtidak bisa di upgrade karena consol game yang diciptakan secara ‘fixed’, seperti Xbox One yang akan tetap menjadi Xbox One tanpa bisa diupgrade spesifikasinya.

Nah itulah beberapa informasi perbandingan antara game console dengan PC, seperti yang saya katakan sebelumnya setelah kita membahas perbedaan dari kedua kubu ini mari kita memilih sesuai selerakita masing-masig. Jadi kesimpulanya dari saya adalah PC gaming di peruntukan untuk all-in atau multifungsi dari untuk bermain game sampai untuk mengerjakan tugas sehari-hari, sedangkan console dibuat khusus untuk kenyamanan bermain game dengan jarak yang jauh dan pastinya tidak ribet dalam pengaturan game nya. 

Kalau bertanya kepada saya zakky kamu memilih yang mana saya akan menjawab PC gaming karena dengan keunggula nya tadi,saya seorang mahasiswa yang pastinya saya banyak tugas dari dosen dan tugas itu sudah pasti tidak bisa dikerjakan dalam console hanya bisa di PC.

Dan setelah saya membuat tugas pastinya saya mencari kegiatan lain seperti bermain game, membuka jejaringan sosial, nonton filem, dan berbisnis walaupun masih kecil-kecilan hehehehe.

Nah itulah pilihan saya kalau kamu???
Itu lah sedikit informasi dari saya tentang console vs pc.
Semoga bermanfa’at bagikita semua.

Saya zakky salam teknologi. 


Wassalam...

1 komentar:

kalau game lebih baik pake console ya gan?
power supply hp


EmoticonEmoticon