CARA MERAKIT PC DAN PERAWATANNYA


CARA MERAKIT PC DAN PERAWATANNYA
Komputer adalah  serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakaan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasarkan urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya. Defenisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagian itu baru bisa bekerja kalau aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer. Hardware komputer juga dapat diartikan sebagai peralatan fisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan.
A.    INSTALASI KOMPUTER
1.      Persiapan
Sebelum merakit PC ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar dapat melakukan perakitan dengan efisien dan efektif, yaitu:
·         Dokumentasi PC atau komponen-komponen (termasuk informasi yang berupa peringatan).
·         Wadah untuk meletakkan mur padaa instalasi.
·         Obeng yang sesuai.
·         Kertas dan pulpen untuk mencatat atau menggambar diagram atau informasi dari PC lain sebagai perbandingan dalam perakitan PC.
·         Ruang yang cukup untuk bekerja (dengan penerangan yang baik).
·         Pelindung siku artistatic (jika ada).
·         Pastikan power tidak terhubung dengan sumber listrik.
Setelah hal-hal diatas telah dipersiapkan, maka kita bisa memulai perakitan dengan memperhatikan:
·         Apakah PC masih garansi. Jika ya, pikirkan kembali untuk membuka PC karena bila tanda garansi dibuka akan menonaktifkan garansi yang berlaku.
·         Temukan tempat yang cukup luas, tempat yang bersih dengan penerbangan yang baik.
·         Pastikan peralatan yang ada dapat digunakan termasuk wadah untuk mur, peralatan dan benda-benda kecil lainnya.
·         Matikan PC dan semua yang berhubungan dengannya.
·         Pindahkan monitor kesamping.
·         Buka mur dan covernya.
Gambarkan susunan komponen sebelum membokar sesuatu didalam PC seperti:
·         Tipe dan peletakan dari berbagai kabel.
·         Lokasi dan status dari DIP switch dan jumper.
·         Koneksi pada motherboard, termaksuk power supply, speaker dan keyboard.
Mulailah membuka komponen baru dari anda dari box-nya:
·         Keluarkan mainboard, letakkan pada tempat yang bersih dan aman.
·         Keluarkan drive termasuk mur dan kabelnya, letakkan pada tempat  yang bersih dan aman.
·         Keluarkan  power supply.
·         Keluarkan CPU/Processor dari socketnya.
·         Keluarkan motherboard jika diperlukan dan letakkan pada antistatic field yang lembut.
·         Lihat kembali komponen yang telah dibuat.

2.      Memiliki peralatan
·         Obeng (screwdriver)
Ada beberapa jenis obeng yang dapat dipergunakan dalam merakit komputer, antara lain:
Straight slot merupakan obeng yang terdiri dari sebatang besi (metal) yang ujungnya pipih atau biasa disebut sebagai obeng (-).
·         Philips
Merupakan obeng yang memiliki empat buah belahan yang meruncing pada bagian ujungnya atau biasa disebut sebagai obeng (+).


·         Torx
Merupakan obeng yang mempunyai 6 sisi, membentuk bintang pada ujungnya. Obeng jenis ini pada umumnya memiliki 15 ukuran. Untuk PC digunakan ukuran T-10 dan T-15. Biasanya  digunakan pada PC Branded.
·         Antistatic Wrist Strap (pengikat siku)
Ingat bahwa:
-          Listrik static dapat menghancurkan chip.
-          Manusia menghasilkan listrik setiap saat.
-          Untuk merasakan listrik static setidaknya diperlukan lebih dari 2000 volts, namun anda dapat menghancurkan chip hanya dengan 35 volt saja. Sangat mungkin pada saat anda memegang atau mengangkat board atau chip, tanpa terasa chip atau board telah rusak. Untuk menjawab masalah ini dipergunakan pelindung siku antistatik. Pada umumnya berupa bahan fibra elastis yang sesuai dengan siku dan terhubung dengan dengan ground. Beberapa antistatic dihubungkan dengan menggunakan socket dinding dan yang lainnya mempunyai clip buaya yang dihubungkan dengan metal yang tidak mempunyai cat pada PC.
·         Retrieving Tools
Merupakan alat yang bentuknya menyerupai jarum suntik dimana ujung satunya berupa tombola tau penyedot dan beberapa penjepit  yang melengkung pada ujung yang lain (bentuk seperti cakar). Pada umumnya digunakan untuk mengambil komponen kecil yang sulit dicapai.
·         Tang dan Diagonal Cutter
Tang yang digunakan dalam perakitan PC adalah tang yang ujungnya panjang pipih. Diagonal cutter sering disebut sebagai tang potong yang digunakan untuk memotong kabel atau chip.
·         Chip Extractors (PLCC dan PGA)
Ada berbagai tipe IC (chip). Salah satunya dikenal sebagai Plastic Leadless Chip Carrier (PLCC) dan lainnya dikenal sebagai Pin Grid Array (PGA). Untuk chip PLCC sangat sulit untuk dibuka tanpa merusaknya kecuali menggunakan peralatan yang tepat. Sekarang, kebanyakan socket PGA (seperti processor Pentium) menggunakan socket zero insertion force (ZIP) dan untuk membukanya tidak diperlukan  alat khusus.

3.      Kesalahan yang sering timbul
Beberapa kesalahan yang sering terjadi pada perakitan PC, antara lain:
-          Peletakan motherboard yang buruk.
-          Pemasangan kabel data yang salah.
-          Penanganan board yang salah.
-          Lupa memasang kabel power.
-          Pengaturan kabel yang buruk.
-          Lupa memasang kembali kabel speaker, keylock dan baterai.
-          Panik pada saat tidak dapat menyala.

4.      Tips
Perlu diperhatikan langkah-langkah yang anda lakukan dalam membuat digram pada saat merakit PC dan membandingkannya dengan dokumentasi pada saat melakukan penggambaran:
-          Coba untuk melihat dari perspektif yang sama dalam membuat diagram dan melihat motherboard.
-          Selalu mencari komponen-komponen besar pada motherboard seperti CPU dan PCI slot pada diagram atau dokumentasi. Jika motherboard dan diagram yang anda buat menunjukkan empat PCI slot akan tetapi pada dokumentasi menunjukkan tiga atau empat, anda mingkin tidak melihat pada diagram yang benar.
-          Apabila anda melihat perbedaan pada dokumentasi dan diagram yang anda buat, tanyakan pada Web site produsen dari motherboard tersebut. Terkadang, anda akan menemukan materi terbaru atau yang benar dari produsen dokumentasi/manual.
-          Jika perbedaan antara diagram dan dokumentasi,, beri catatan kecil pada diagram dan dokumentasi anda.


5.      Langkah-langkah perakitan
Step by step merakit PC
·         Peralatan  utama yang anda butuhkan untuk merakit PC adalah obeng.
·         Sebaiknya 1 set obeng lengkap. Apabila tidak memungkinkan, sebuah obeng (+) dan (-) berkualitas baik sudah memadai.
·         Hal lain yang perlu diperhatikan ialah hindari listrik statis dari tubuh anda. Karena komponen  PC termasuk sensitive terhadap gangguan yang bersifat elektrik, sehingga bisa menyebabkan kerusakan komponen PC. Meskipun kasus ini jarang terjadi.
·         Untuk menghindarinya anda bisa menggunakan gelang anti staikt atau dengan menyentuh bagian casing yang logamnya.

Satu hal yang harus anda ingat sebelum merakit ialah :
Jangan menyambungkan catut daya (power supply) anda pada casing dengan jala-jala listrik sebelum anda yakin benar bahwa semua komponen telah selesai dipasang dengan benar.
1.      Langkah pertama menyiapkkan casing dan memasang power supply.
2.      Langkah kedua memasang motherboard
3.      Pasang processor, pasta, dan headsink. Hal yang diperhatikan sebelum motherboard dipasang adalah  bahwa kecepatan processor. Di buku petunjuk dijelaskan bagaimana mengatur kecepatan bus motherboard ini (dengan cara setting switch/jumper di mainboard atau setting di BIOS. Kalau tidak mau repot, mintalah orang toko ∆ menyesuaikannya untuk anda ketika anda membeli ∆ motherboard itu. Letakkan processor diatas socket (perhatikan tanda   di ujung processor – harus sama dengan tanda   disocket), letakkan pasta secukupnya diatas processor dan kunci posisi processor dengan menekan tuas agar kedudukan processor mantap. Perhatikan bentuk headsink, tidak semua processor sama bentuk headsink nya. Letakkan heatsink pada posisi yang benar, tekan pengunci (atau putar dengan obeng bila diperlukan untuk mengencangkan). Jangan lupa memasang konektor untuk power kipas heatsink.
4.      Berikutnya memasang modul memori tarik kesisi luar pengait modul RAM yang berwarna putih, tancapkan modul memori dengan teliti (perhatikan tanda lubang dibawaah modul).
5.       Langkah selanjutnya adaalah memasang  floopy disk, hardisk dan CD ROM drive. Anda pasti langsung bisa lihat dimana keduanya bisa dipasang, tentu saja CD ROM drive dan floopy disk drive membutuhkan tempat yang lebih besar yaitu 5,25 inci. Anda tinggal pasang semuanya dengan hati-hati. Harddisk  harus diperlakukan dengan ekstrak hati-hati karena komponen ini peka terhadap benturan. Setelah motherboard,, harddisk, floopy disk drive dan CD ROM drive terpasang, langkahh berikutnya adalah memasang graphics card. Anda juga akan dapat menemukan slot PCI atau AGP di motherboard sudah menyediakan VGA on-the board  dan anda tetap ingin menggunakan  card-SVGA untuk akselerasi dan kualitas yang lebih baik silahkan  baca petunjuk di manual book untuk konfirmasi yang benar.
6.      Memasang konektor power. Konektor kabel power dari power supply AT ke motherboard mempunyai bentuk yang berbeda dari konektor kabel power lainnya. Anda akan menemukannya dengan mudah. Saya rasa anda tidak mungkin terbalik memasangnya, karena konektor tidak akan masuk di slot. Jangan lupa memasang kabel power untuk processor pentium 4 dan fan pendingin yang terdapat di atas processor.
7.      Langkah berikutnya adalah memasang kabel-kabel data. Kabel data ini mempunyai ciri penomoran dengan strip warna merah yang digunakan sebagai tannda (dari sinilah nomor konektor satu di mulai). Cari di buku petunjuk motherboard dimana letak konektor untuk kabel harddisk master. Perhatikan letak pin nomor 1 kabel dan konektor. Untungnya motherboard yang baik sudah didesain sedemikian rupa sehingga kita tidak mungkin keliru memasang kabel-kabel ini. Satu kabel data ATA, bisa digunakan untuk dua drive (harddisk dan CD ROM atau 2 harddisk atau jugga 2 CD drive). Setelah memasang  kabel data dan power konektor untuk floppy disk drive, CD ROM dan harddisk drive, jangan lupa untuk memasang konektor audio (speaker), USB front juga yang terpenting konektor untuk tombol power dan reset yang berada di sisi depan casing. Tips !! biasanya pemasangan kabel data ATA dan floppy disk selalu saling berhadapan  tanda merah di kabel data dengan kabel merah konektor power atau bisa juga sama-sama berada di sisi luar.
8.      Langkah berikutnya adalah  memasang kabel power untuk PC dan monitor. Mouse dan keyboard juga di pasang. Kalau semua beres, coba tekan tombol power untuk menghidupkan komputer dan dilayar akan muncul tampilan. Tentu anda harus menyesuaikan BIOS dengan komponen yang ada. Biasanya ini dilakukan dengan menekan tombol Del atau F2 untuk melakukan setup BIOS.
9.      Kalau bingung, pergilah ke buku petunjuk motherboard. Disana ada petunjuk untuk melakukannya.
10.  Kalau harddisk sudah dikenali, anda tinggal memformatnya dan menginstall sistem operasi (windows XP, windows Vista, Linux atau yang lainnya).
11.  Kemudian menginstall driver untuk motherboard, graphics card, dan driver lainnya kemudian baru menginstall program-program kesayangan anda.

A.    PRINSIP KERJA KOMPUTER
Cara kerja komputer, setiap computer diaktifkan maka sebuah proses yang disebut booting akan terjadi pertama kali. Ada tiga tahap proses booting yaitu CPU reset, Power On Self Test (POST) dan disk boot.

-          CPU Reset
CPU reset merupakan proses yang dilakukan PC pertama kali. Hal ini karena CPU merupakan komponen yang paling penting maka CPU reset dilakukan pertama untuk memulai semua aktivitas. CPU reset biasanya dipicu oleh tombol power namun bisa juga dilakukan jaringan atau sistem lainnya. Setelah CPU aktif maka Basic Input Output System (BIOS) akan aktif juga.
BIOS bekerja melayani pergerakan data seputar komputer karena disinilah informasi sistem input dan output ditentukan. BIOS dapat dilindungi dengan  menggunakan password untuk dapat mulai bekerja. Jadi tanpa password BIOS yang benar  komputer tidak akan bekerja. Pada BIOS terdapat program yang bernama Power On Self Test (POST).

-          POST
Akan melakukan testing terhadap komponen dasar dari komputer. Ketika CPU mengaktifkan BIOS program POST di jalankan. Yang pertama kali diperiksa oleh POST adalah integritas CPU dan program POST itu sendiri. Selebihnya, program POST akan memeriksa disk drive, monitor, RAM dan keyboard. Pada saat BIOS sudah aktif dan POST belum selesai dilakukan, anda dapat menginterupsi proses booting dan melakukan konfigurasi CMOS. CMOS merupakan memori kecil untuk menyimpan BIOS beserta konfigurasi pentingnya seperti media yang melakukan booting, pengaturan processor, memori dan banyak lagi. Disini juga disimpan waktu penanggalan yang akurat untuk komputer tersebut. CMOS dilengkapi dengan baterai khusus agar data-data  didalamnya tidak hilang.

-          Disk Boot
Disk boot dibutuhkan setelah POST selesai karena komputer telah siap untuk menjalankan sistem operasi  yang sangat berguna untuk menghubungkan manusia dengan komputer. Menjalankan sistem operasi diperlukan sebuah sistem inisialisasi  awal akan  menggabungkan semua fungsi komputer menjadi satu an siap digunakan. Sistem awal ini  kemudian dibaca komputer. Media ini disebut dengan istilah disk boot. Untuk mutlak harus ada apapun medianya. Pengaturan media mana yang akan menjadi disk boot bisa anda lakukan di dalam BIOS. Setelah semuanya selesai, anda sudah siap untuk menggunakan komputer.

-          Loading Sistem Operasi
Setelah tiga proses awal dilalui, maka komputer akan dikendalikan menggunakan sistem operasi. Seperti anda ketahui, banyak sekali sistem operasi yang beredar saat ini seperti sistem operasi windows, linux, dll. Tiga hal penting yang harus dimengerti tentang sistem operasi adalah cara kerja sistem operasi itu sendiri (kernel), file system dan user interface (shell) dan jangan lupakan apllikasi yang berjalan diatasnya.
Cara kerja sistem operasi windows meliputi pengertian tentang sistem account pada windows NT dan keluarganya, file access control, registry, sistem logging dan banyak lagi. Semua memiliki tingkat kepentingan yang sama namun umumnya sistem logging dan registry merupakan komponen yang akan sering dilihat. Sistem logging merupakan komponen dokumentasi penggunan komputer karena pada log inilah tercatat semua pergerakkan data.
-          BIOS (Basic Input Output System)
Program BIOS adalah program kontroler standard yang terpasang dalam motherboard. Program ini disimpan dalam chip IC yang disebut ROM (Read Only Memory) dan selalu bekerja mengontrol hardware yang terpasang pada motherboard meskipun komputer tidak dipakai (dimatikan). Hal ini dimungkinkan oleh adanya baterai kecil yang terpasang pada motherboard. Orang sering menyebut chip IC ini dengan sebutan IC ROM BIOS. Pada saat merakit komputer, program ini harus diatur sesuai jenis-jenis peralatan elektronik yang akan dihubungkan dengan motherboard. Selanjutnya setiap saat program BIOS akan selalu mengontrol perangkat keras yang terpasang meskipun komputer anda matikan. Kontrol setiap pakai pada saat komputer anda nyalakan. Pada kondisi baterai kecil lemah, biasanya pengaturan pada program BIOS ini hilang, sehingga anda sulit mempergunakan komputer. Anda harus kembali mengatur ulang program BIOS seperti yang anda lakukan pada waktu merakit komputer. ROM BIOS terdiri dari beberapa macam, antara lain:
a)      ROM AMI  BIOS
b)      ROM ISA BIOS
c)      ROM MR BIOS
d)     ROM WIN BIOS
e)      DLL
Biasanya untuk masuk mode setup BIOS seperti CMOS, BIOS, AMI BIOS serta beberapa mode BIOS lain, maka padda saat komputer pertama kali diaktifkan kita bisa menekan tombol DEL. Untuk setup mode IBM BIOS kita harus menekan tombol F1 atau F10, sedangkan untuk BIOS setup mainboard dengan chip intel ada yang menggunakan tombol F2, sedangkan untuk mode setup mesin Compaq lama, user terlebih dulu harus memasukkan disket setup BIOS-nya, agar bisa melakukan setting yang diinginkan.
-          Cara aman  mengotak-atik setting BIOS PC
Bila windows adalah wajah ramah yang ditampilkan proyek-proyek komputer kepada dunia, maka BIOS adalah sisi gelap bawah sadar yang bertugas untuk berpikir. BIOS (Basic Input Output System) adalah kode untuk fungsi-fungsi fundamental PC seperti mengumpulkan ketukan tombol dari keyboard atau meletakkan pixer ke layar. Program kecil ini bekerja di balik layar, menterjemahkan perintah windows yang people-friendly menjadi angka nol dan satu yang hanya dimengerti oleh hardware anda. Dan sebagaimana alam bawah sadar manusia, BIOS bisa berpengaruh sangat kuat pada tingkah laku dan kinerja PC anda.   

-          Update BIOS
Ketika teknologi  baru muncul dan bug tua ditemukan, para pembuat komputer sering menerbitkan versi BIOS yang telah di update yang dapat mengatasi problem dan meningkatkan kinerja. Periksalah situs Web pembuat PC ansa mengenai update terbaru. Namun pertama-tama nomor versi terbaru BIOS biasanya muncul sekilas monitor anda tepat setelah anda menyelesaikan sistem. (tekan tombol pause bila kilasannya terlalu cepat). Mengupdate BIOS mudah, tetapi anda harus melakukannya dengan hati-hati.
Biasanya anda perlu menjalankan program kecil dari floopy disk saja. Namun bila terjadi masalah, anda hanya bisa meratapi motherboard yang tidak bisa lagi anda gunakan. Jadi pastikan bbahwa sebelumnya anda telah membaca semua instruksi di file readme BIOS update dan selalu lakukan persis seperti apa yang petunjuk-petunjuk itu katakan.

-          Utility Setup
Jika BIOS adalah bawah sadar PC maka utility Setup merupakan pondasi untuk membangun karakter PC. Utility tersebut memiliki setting user untuk mengontrol harddisk, memori, kartu-kartu grafis, power saving, port USB dan hardware lain. Progam tersebut biasanya disertakan dalam disk, tetapi sekarang sudah tersimpan dalam chip ROM yang sama dengan BIOS PC karena utility setup dibuat oleh pembuat BIOS dan berada dalam chip yang sama dengan BIOS, ini sering disebut utility BIOS Setup. Dan karena utility ini menyimpan settingnya di chip clock/calendar – chip complementary metal-oxide semiconductor atau CMOS – maka sering pula disebut sebagai program setup CMOS (Chip CMOS memiliki baterai sendiri untuk memelihara setting chip sekalipun PC dimatikan). Utility setup memiliki setting hardware yang berlimpah, mulai dari yang terlihat nyata  seperti setting waktu di clock PC sampai yang tidak kelihatan seperti jumlah “wait states” yang mengkoordinasikan aliran data antara RAM dan CPU.

-          Teknis Setup BIOS
Hal pertama yang perlu anda ingat sebelum lakukan setup BIOS adalah jangan sampai merusak. Ketika bekerja dengan utility setup PC gunakan petunjuk praktis yang sama diajarkan pada awal bedah otak, bila anda tidak tahu apa yang anda lakukan maka lebih baik jangan berurusan dengannya. Kecerobohan mengubah wait state atau setting lainnya dapat menurunkan kinerja atau bahkan menyebabkan sistem mengalami crash. Jika anda mengira anda telah tanpa sengaja mengubah setting ketika sedangbekerja dengan utility setup segera berhenti dan mulailah dari awal lagi.
Semua utility setup memiliki pilihan menu yang memungkinkan anda keluar tanpa menyimpan perubahan. Anda mungkin melihat pula pilihan untuk mengembalikan setting ke nilai defaultnya. Abaikan opsi ini : bila vendor PC anda telah melakukan fine-ture terhadap sistem, setting default si pembuat BIOS mungkin membuatnya menjadi tidak optimal. Backup setting-setting anda sebelum membuat perubahan. Bila baterai yang menghidupi chip clock/calendar mati, setting-setting anda mati bersamanya. Bila utilitysetup anda mempunyai opsi backup, gunakanlah. Jika tidak, catat setting di kertas atau tekan key print screen untuk masing-masing layar di utility tersebut (tetapi ini tidak selalu berfungsi).

-          Apa yang dicari ?
Sebelum anda memulai, baca sampai selesai user manual yang menyertai PC atau motherboard. Banyak manual yang menawarkan penjelasan singkat massing-masing setting. Setting bervariasi menurut manufaktur dan model, namun anda seharusnya menemukan ini di hamper semua PC. Optimalisasi dan kompatibilitas setting : utility setup sering berisi setting-setting untuk kinerja hardware. Kadang-kadang ini tidak diatur secara optimal di pabrik utamanya pada PC yang dibuat berdasar pesanan atau generik. Scan seluruh program setup, setting modus AGP dan setting DMA 39 merupakan kandidat utama untuk dioptimalisasi. Setting-setting ini juga berguna untuk troubleshooting hardware yang baru di install : menonaktifkan setting yang diberikan bisa memicu ketidak-kompetibelan kartu grafis, CD ROM drive atau piranti lain yang terjadi sebelumnya. Setting harddisk : anda akan menemukan tabel biasanya pada halaman ke 2 atau advanced dan dengan judul “IDE” yang mendaftar semua parameter konfigurasi untuk EIDE harddisk yang secara langsung terkoneksi ke motherboard. (SCSI harddisk dan EIDE harddisk yang tidak punya kartu ekspansi  akan menjalankan program konfigurasinya sendiri). Sementara kebanyakan PC yang dibuat selama beberapa tahun terakhir dapat dengan mulus mendeteksi dan mengkonfigurasi harddisk baru, sebagian memerlukan instalasi manual. Baca dokumentasi disk baru anda mengenai prosedur tersebut dan gunakan opsi-opsi on-screen untuk membuat perubahan di tabel ini.
Floopy disk : opsi ini memungkinkan anda  menyetel tipe floopy drive (3,5 inci, 1,44 MB sebagai contoh) yang telah diterapkan sebagai drive A atau B anda. Ini merupakan setting yang diperiksa jika anda mengalami problem floppy-drive sebagian utility setup mempunyai setting security ‘Floopy Read Only’ tersendiri yang mencegah data anda dituliskan ke floopy disk dan dihapus dari PC. Urut booting : setting ini menentukan mana yang pertama kali dilihat PC ketika instruksi boot-up contoh : ‘A: kemudian C:’,’C: kemudian A:’, atau ‘C:, Zip drive’. Untuk booting CD ROM drive, Zip atau LS-120, anda sepertinya harus mengubah setting ini. Proteksi password D:bila ini diaktifkan, BIOS akan menanyakan password sebelum booting up. Sangat berhati-hati dengan yang satu ini. Bila melupakan password, anda terpaksa mereset jumper motherboard atau mencopot baterai CMOS yang akan menyebabkan anda kehilangan semua setting atau anda bahkan harus membeli motherboard baru. Setting IRQ bila anda butuh setting IRQ ekstra untuk hardware baru, anda perlu membebaskan satu IRQ dengan menonaktifkan feature yang tidak digunakan seperti port serial, port parallel, atau port USB. Setting port parallel pilih modus yang paling cocok untuk hardware. Modus ECP atau EPP dapat sangat mempercepat printer dan peranti lain. Kipas RPM dan temperatur CPU : dua parameter kritis ini sebaiknya dicentang secara periodic untuk memastikan mereka berfungsi dengan benar.

B.     KOMPONEN KOMPUTER
·         Power Supply
1.      Pengertian Power Supply
Power supply atau disingkat PSU adalah komponen komputer yang memasok listrik ke komponen lain dalam komputer.
2.      Jenis Power Supply
Ø  Power supply komputer AT (Advenced Tecnology).
Ø  Power supply komputer ATX (Advenced Tecnology eXtended).
Ø  Power supply komputer BTX (Balanced Tecnology eXended) .
3.      Tips merawat Power Supply
Ø  Perkirakan jumlah daya yang dibutuhkan untuk komputer anda.
Ø  Cari Power Supply yang cukup daya untuk memenuhikebutuhan komputer. Lebih tinggi lebih baik.
Ø  Ketika mencari PSU, jangan asal pilih PSU yang murah belum tentu bagus.
Ø  Coba lihat rating PSU yang di dapatkan di internet, bagaimana ulasan para konsumen terhadap PSU tersebut.
Ø  Usahakan untuk membeli PSU dari merk-merk yang sudah terpercaya dalam bidangnya, misalkan seasonic, digital alliance dan masih banyak lagi.
Ø  Cari yang sudah memiliki cap bronzone (minimal) yaitu sertifikat yang diberikan kepada PSU dimana PSU tersebut mampu memberikan efisiensi diatas 80 selain itu PSU yang sudah berlabel 80+ juga bukan sembarangan PSU, PSU tersebut harus melewati berbagai macam tahapan agar bisa lolos.

·         MainBoard
1.      Pengertian MainBoard
MainBoard adalah suatu papan lebar yang berisi beragam slot sebagai tempat menyolokkan komponen-komponen PC.
Komponen-komponen mainboard:
Ø  Chipset
Berfungsi untuk mengatur aliran data antar komponen yang terpasang pada motherboard.
Chipset terdiri atas 2 bagian yaitu Northbrigde dan Southbrigde. Northbrigde berfungsi untuk mengatur aliran data dari ke processor, bus AGP, dan memory utama sistem. Southbrigde berfungsi mengatur aliran data dari peranti inut output, bus PCI, interface harddisk, dan floopy disk drive serta peranti eksternal lainnya.
Ø  Slot AGP (Accelerated Graphic Port)
Berfungsi menyalurkan data dari kartu graphic ke CPU tanpa harus melalui memory utama dengan demikian proses pengolahan data grafis dapat dipercepat.
Ø  Socket Memory
Merupakan tempat untuk menempatkan memory pada motherboard. Socket memory memiliki bentuk yang berbeda untuk memory yang berbeda jenis pula. Kebanyakan motherboard memiliki slot 3 sampai 4 buah, tergantung dari chipset yang digunakan. Untuk memory SDRAM, socket DIMM yang harus dimiliki adalah socket 168 pin. Sementara untuk memory jrnis DDR, socket yang dipasang adalah 184 pin.
Ø  CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor)
Merupakan komponen berbentuk IC (Intergrated Cirkuit) yang berfungsi menampung setting BIOS dan dapat menyimpan settingannya selama baterai yang mendaiannya masih bagus.
Ø  Port Peranti Eksternal
Biasanya berada di belakang motherboard. Fungsinya adalah sebagai sarana untuk memberi masukkan (input) dan keluaran (output) pada sistem komputer.
Ø  Socket Catu Daya (Power Supply, Fan)
Fungsinya untuk menyuplai tenaga kepada semua komponen yang tersambung pada motherboard.
                        Jenis-jenis MainBoard
Ø  Motherboard AT / AT Baby
Merupakan jenis motherboard klasik yang sudah tidak digunakan lagi.
Ø  Motherboard ATX
Merupakan salah satu motherboard standar yang banyak digunakan pada komputer dunia.
Jenis dari motherboard ATX : Standar ATX, Micro ATX, Flex ATX dan Mini ATX.
Ø  Motherboard BTX
Jenis sari mmotherboard BTX : BTX Standar, Micro BTX, Picro BTX.
Ø  Motherboard ITX
Jenis motherboard ITX : Mini ATX, Nano ITX.

2.      Tips Merawat Motherboard
Ø  Gunakanlah Uninterruptible Power Supply (UPS) dan stavolt sebagai pengaman tegangan listrik sehingga tidak terjadinya pengaruh terhadap kinerja mainboard apabila terjadi perubahan tegangan listrik secara tiba-tiba.
Ø  Perhatikan kebersihan bagian dalam CPU khususnya mainboard, apabila kotor lakukan pembersihan mainboard dengan menggunakan kompresor udara atau bisa juga dengan menggunakan kuas kurang lebih 3bulan sekali atau sesuai dengan kebutuhan.
Ø  Ventelasi udara yang ada pada casing jangan ditutup sehingga memperlancar terjadinya pertukaran udara bebas kedalam ruang Central Processing Unit (CPU) agar menjaga temperatur di dalam ruang CPU.
Ø  Bersihkan slot-slot atau konektor yang menghubungkan mainboard dengan komponen lainnya dari debu sekali sebulan.
Ø  Saat membersihkan agar selalu memperhatikan ada atau tidaknya baut-baut yang tertinggal di dalam mainboard, apabila ada segera angkat dari tempatnya untuk menghindari terjadinya hubungan pendek (korslet).
Ø  Jangan membiarkan komputer tidak digunakan / tidak dihidupkan dalam kurun waktu yang cukup lama. Usahakan sekurang-kurangnya 3kali digunakan / dihidupkan dalam seminggu.
·         Processor
1.      Pengertian Processor
Processor adalah sebuah IC (Integrated Circuit) yang digunakan sebagai otak / pengolah utama  dalam sebuah sistem computer.
2.      Jenis Processor
Ø  Processor Intel.
Ø  Processor AMD.
Ø  Processor Apple.
Ø  Processor Cyrik VIA.
Ø  Processor IBM.
Ø  Processor IDT.
3.      Tips Merawat Processor
Ø  Membersihkan processor ini bisa dilakukan beberapa bulan sekali tergantung dari capat atau lambatnya debu-debu menempel pada bagian processor ini. Bagian yang dibersihkan dari processor biasanya pada bagian heatsink dan kipasnya saja sudah cukup.
Ø  Pantau suhu processor dengan software agar dapat mengawasi temperature processor secara real time, anda bisa menggunakan software seperti HWMonitor.
·         Memory
1.      Pengertian Memory
Memori adalah suatu sirkuit elektronik yang mampu untuk menampung data dan juga instruksi program.
2.      Jenis Memory
Ø  Register Memory
Merupakan jenis memori dimana kecepatan acces yang paling cepat, memeri ini terdapat pada CPU/Processor. Contoh : register data, register alamat, stack pointer register, memory address register, I/O address register, dll.
Ø  Cache Memory
Memory berkapasitas terbatas, berkecepatan tinggi yang lebih mahal dari pada memori utama. Cache memori ini ada diantara memori utama dan register pemroses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu pada memori utama agar kinerja dapat ditingkatkan.
Cache memori ini ada 2 macam yaitu : cache memori yang terdapat pada internal processor dan cache memori yang terdapat diluar processor.
Ø  Memori Utama
Memori ini berfungsi untuk menyimpan data dan program.
Jenis memori utama yaitu :
RAM (Random Access Memory) berfungsi untuk menyimpan instruksi sementara dari komputer untuk mengeluarkannya ke output device.
EDO RAM (Extanded Data Out Ram) berfungsi seperti RAM, akan tetapi jenis ini mempunyai kemampuan kerja yang sangat tinggi dan cepat dalam membaca dan mentransfer data.
SD RAM (Synchronous Dynamic RAM) adalah memori yang dapat mengases data atau informasi lebih cepat dari EDO RAM.
RD RAM (Rambus Dynamic RAM) adalah sebuah memori berkecepatan tinggi, digunakan untuk mendukung processor Pentium 4.
DDR RAM (Double Data Rate RAM) adalah tipe memori generasi penerus SDRAM yang memiliki kemampuan dua kali lebih cepat dari SDRAM.
ROM (Read Only Memory) adalah suatu himpunan dari chip yang berisi bagian dari sistem operasi yang mana dibutuhkan pada saat komputer dinyalakan.
PROM (Programmable Read Only Memory) adalah suatu chip yang kosong yang mana program dapat dituliskan kedalamnya dengan menggunakan suatu peralatan khusus.
RPROM (Re Progamble ROM) merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulang kali sesuai dengan yang diinginkan.
EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) mirip dengan PROM tetapi program dapat dihapus dan program yang baru bisa dituliskan kedalamnya dengan menggunakan suatu peralatan khusus yang menggunakan sinar ultraviolet. EPROM digunakan untuk controlling device, seperti robot dan sebagainya.
EEPROM (Electronic Erasable Programmable Read Only Memory) dapat diprogram ulang dengan menggunakan suatu electric impulses yang khusus.
Ø  Memory Sekunder
Memori sekunder merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. Contoh : harddisk, floopy disk, disket, flashdisk, dll.
3.      Tips merawat memori
Ø  Gunakan power supply dengan throughput power yang memandai sesuai dengan energy listrik yang digunakan komputer anda. Hindari menggunakan PSU kacangan alias bawahan casing yang memiliki spesifikasi teknik tak jelas.
Ø  Lepaskan memori secara berkala dan bersihkan bagian bawah pin memory yang berwarna emas (golden finger) dengan menggunakan bantuan penghapus pensil yang paling lunak dan lembut. Ini penting untuk menjaga transfer rate memori berjala optimal.
Ø  Hindarkan memori dari beragam sumber listrik static. Tubuh manusia memiliki static yang dapat merusak medan listrik pada memori. Untuk itu pastikan untuk memasang ground di tubuh saat memasang memori.
Ø  Jaga agar memori tidak terjatuh atau terkena hentakan benda keras. Ini penting untuk menjaga agar chip memori dapat bekerja secara stabil dan normal. Siapkan penghapus kertas dan kuas. Cabut kabel power dari staker listrik. Cabut RAM (DDR/SR) di PC anda, lalu bersihkan tempat melekatnya RAM dengan kuas. Untuk RAM yang tidak terbaca atau terbaca sebagian, anda bisa bersihkan juga menggunakan penghapus pensil. Gosok bagian tembaga berwarna yang digunakan untuk menempalkan pada motherboard sampai bersih dari kotoran maupun karat. Setelah itu tempelkan kembali RAM anda pada tempatnya. Hidupkan komputer anda kembali.
·         VGA Card (Video Graphics Adapter)
1.      Pengertian VGA
2.      Jenis VGA
Ø  VGA ISA (Industry Standard Architecture)
Adalah jenis VGA card yang ditancapkan pada ekspansi slot ISA bus yang masih menggunakan sistem I/O 8 bit dan I/O 16 bit. Kini jenis VGA ini sudah tidak digunakan karena kinerjanya yang lambat dan kombinasi warnanya masih sangat  terbatas.
Ø  VGA EISA (Extended Industry Standard Architecture)
Adalah jenis VGA card yang dipasang pada slot ekspansi EISA bus dan memiliki sistem I/O 32 bit. Sama dengan versi terdahulunya yaitu VGA ISA, kini jenis VGA ini sudah tidak lagi digunakan karena keterbatasan kecepatan dan kehalusan gambar dan warna yang dihasilkan teknologi ini pertama diperkenalkan pada tahun 1988.
Ø  VGA PCI (Peripheral Component Interconnect)
Adalah jenis VGA card yang dipasang pada slot ekspansi PCI bus yang memiliki sistem I/O 32 bit dan 64 it. Saat ini, jenis VGA ini sudah tidak digunakan lagi pada komputer karena keterbatasan kecepatan dan warnanya dan jenis VGA ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1993.
Ø  VGA AGP (Accelerated Graphics Port)
Adalah jenis VGA card yang dipasang pada slot ekpansi AGP bus yang miliki sistem I/O 128 bit dan 256 bit. Alasan pertama dibuatnya jenis VGA card ini adalah untuk meningatkan transfer data kedalam memori secara signifikan dari komputer ke monitor. Ciri khas yang dimiliki oleh VGA card jenis ini adalah bentuk pin yang vertikal yang menyerupai sarang lebah.
Ø  VGA PCle (Peripheral Component Interconnect Express)
Adalah jenis VGA card yang dipasang pada slot ekspansi PCle bus yang memiliki sistem I/O berangkai dan memiliki kecepatan 32GB/s. VGA card ini merupakan pengembangan paling baru dari versi-versi terdahulunya yang memiliki kemampuan paling baik dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004.
3.      Tips merawat VGA card
Ø  Bersihkan debu pada VGA card menggunakan kaos atau penghisap debu. Cara ini untuk membersihkan bagian board pada VGA card.
Ø  Bersihkan slot VGA yang kotor, pada motherboard komputer coba bersihkan slot PCI VGA card dengan menggunkan kaos ataupun peniup debu.
Ø  Cek kabel VGA card jika tidak berfungsi coba cabut pasang pada kabel kipas VGA dan bersihkan.
Ø  Buka bagian kipas VGA dan  buka lapisan pendingin, disana akan terdapat seperti processor VGA kemudian cek. Apabila sudah kering anda bisa menggantikan dengan pasta untuk processor komputer setelah itu pasang kembali.
Ø  Bersihkan bagian pin VGA dengan penghapus pensil. Bersihkan usahakan dengan satu arah.
Ø  Gunakan tiner KI, untuk membersihkan VGA dengan bantuan kuas dengan cara dibilas sambil dibersihkan kotorannya.
Ø  Untuk masalah yang paling berat anda bisa mandikan VGA anda dengan air hangat dan sabun cair.
·         Harddisk (HDD)
1.      Pengertian Harddisk
Harddisk Drive atau harddisk merupakan salah satu komponen terpenting dalam komputer.
2.      Jenis Harddisk
Harddisk bisa dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :
Ø  Harddisk Konvensional
Harddisk konvesional merupakan jenis harddisk baik berukuran besar maupun kecil yang menggunakan piringan cakram didalamnya sebagai storage atau lokasi untuk menyimpan data sebuah komputer karena memiliki komponen yang berputar ketika membaca dan menyalin sebuah data, maka harddisk konvensional rentan mengalami kerusakan terutama ketika menggunakan secara asal-asalan.
Ø  Harddisk SSD (Solid State Drive)
SDD drive ini menggunakanchip sebagai media penyimpanan sehingga tidak membutuhkan piringan.
3.      Tips merawat Harddisk
Ø  Jangan menyimpan file atau dokumen sampai membuat kapasitas harddisk anda penuh, apalagi drive C atau system komputer anda, karena akan membuat kinerja komputer anda akan menurun karena kehabisan ruang memori atau disk space.
Ø  Jangan terlalu banyak membuat partisi harddisk anda biasanya partisi yang dianjurkan sampai 3 partisi seperti drive C untuk system, drive D untuk file anda dan satu lagi drive E untuk file anda yang lain. Fungsinya untuk membagi atau memisahkan file-file anda.
Ø  Jangan terlalu sering menginstal ulang atau memformat harddisk anda karena akan memperpendek umur harddisk anda.
Ø  Jangan mematikan komputer anda tanpa menggunakan tombol shut down karena mematikan komputer atau laptop secara paksa menekan tombol power off akan cepat merusak harddisk anda bayangkan saja ketika harddisk kita sedang berputar atau sedang berjalan atau terbaca oleh harddisk maka harddisk tersebut akan shock dan membuatnya menjadi bad sector jadi matikanlah laptop anda menggunakan tombol shut down agar tidak merusak harddisk anda.
Ø  Jangan menggunakan laptop anda diatas kasur ataupun yang menyerap panas karena suhu yang panas akan membuat harddisk anda cepat rusak dan juga hang. Jadi guanakanlah laptop  diatas meja  atauoun pada area yang tidak menyerap dan membuat panas laptop anda.
Ø  Gunakanlah aplikasi antivirus untuk memindai dan menghapus virus untuk menjaga komputer dan harddisk anda aman dari serangan virus berbahaya yang menyebaabkan kinerja komputer anda buruk dan merusak  sistem dan harddisk karena virus juga merupakan salah satu penyebab harddisk anda rusak.
Ø  Gunakanlah aplikasi defragment untuk mendegfrag harddisk anda dan menghindari fragmentasi yang bisa membuat kinerja harddisk atau komputer anda menurun. Akan tetapi, anda harus teratur dalam menggunakannya karena kalau terlalu sering melakukan defragment juga tidak baik, jadi biasanya gunakanlah aplikasi ini ketika perlu atau tergantung penggunaan dari komputer anda, aplikasi ini terdapat pada bawaan instalasi di windows anda. Gunakanlah minimal 1 atau 2 bulan sekali atau tergantung pemakaian komputer atau laptop anda.
Ø  Untuk komputer PC alangkah baiknya anda menggunakan stabilizer atau stavolt untuk menghindari aliran listrik yang mati mendadak karena bisa menyebabkan harddisk pcanda cepat rusak karena listrik yang tidak stabil atau  karena sering mati mendadak.
Ø  Menghapus file yang tidak anda gunakan atau tidak penting pada harddisk anda, karena semakin banyak ruang kosong di harddisk anda maka kinerja harddisk anda akan lebih baik.
Ø  Jaga harddisk agar terhindar dari guncangan  atau benturan misalnya laptop anda jatuh atau terbentur benda keras maka harddisk akan cepat rusak.
·         Sound Card
1.      Pengertian Sound Card
Sound Card adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data berupa audio atau suara.
2.      Jenis Sound Card
Ø  Sound Card On Board merupakan fasilitas audio yang sudah terpasang pada motherboard berbentuk chipset dan kinerja sound card on board masih membutuhkan bantuan processor utama. Soun card on board dapat ditemui pada hamper semua jenis motherboard. Jika kita hanya membutuhkan sound card untuk music, sound card tipe ini merupakan pilihan yang baik.
Ø  Sound Card PCI merupakan sound card yang dipasang pada slot PCI motherboard. Sound card tipe ini memiliki keunggulan pada kualitas yang dihasilkan. Jika hanya digunakan untuk keperluan standar seperti mendengarkan music, sound card tipe ini terlalu mahal. Namun jika kita menggunakannya untuk bermain game berat atau untuk kegiatan rekam suara, sound card tipe ini merupakan pilihan yang tepat.
Ø  Sound Card External merupakan kartu suara terbaru sekarang ini, pemasangan seperti USB, banyak keunggulan dari sound card dari kualitas suara hingga hardwarenya lebih menarik. Sound card external sangat cocok untuk kegiatan rekam-merekam suara.
3.      Fungsi Sound Card
Ø  Sebagai synthesizer.
Ø  Sebagai MIDI interface.
Ø  Pengonversi data analog ke digital.
Ø  Pengonversi data analog ke digital.
·         CD ROM
1.      Pengertian dan perbedaan CD dan DVD
CD R merupakan tempat penyimpanan data permanen dengan kapasitas 700Mb.
CD RW merupakan tempat penyimpanan data berkapasitas 700Mb. Yang membedakan antara CD R dan CD RW adalah data yang telah disimpan di CD R tidak bisa dihapus lagi (permanen) sedangkan CD RW data yang tersimpan bisa sewaktu-waktu dihapus.
DVD R sama halnya dengan CD R tetapi DVD R memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu sekitar  4,6Gb.
DVD RW merupakan tempat penyimpanan data dengan kapasitas sekitar 4,6GB. Yang membedakan antara DVD R dan DVD RW adalah data yang telah disimpan di DVD R tidak bisa dihapus lagi (permanen) sedangkan DVD RW data yang tersimpan bisa sewaktu-waktu dihapus.
·         Mouse
1.      Pengertian Mouse
Mouse adalah salah satu perangkat keras (hardware) dalam sebuah komputer yang berfungsi sebagai alat input utama selain keyboard untuk menggerakkan pointer yang ada pada layar monitor untuk menjalankan suatu program atau icon-icon pada layar monitor dengan cara melakukan klik kiri, klik kanan, double klik, drag and drop ataupun scroll lock.
2.      Jenis Mouse
Ø  Mouse Mekanik (Mouse Bola)
Yaitu mouse dengan sensor mekanik berupa bola karet/logam disisi bawah mouse yang dapat berputar kesemua arah. Sensor mekanik tersebut mendeteksi arah putar bola dan menggerakkan pointer/kursor pada layar sesuai arah tersebut.
Ø  Mouse Optomekanik (Mouse Optikal)
Yaitu sama dengan mouse mekanik tetapi menambahkan sensor optic untuk mendeteksi gerakkan bola mouse.
Ø  Mouse Optik (Mouse Laser) 
Menggunakan sinar laser atau sinar LED (Light Emitting Diode) untuk mendeteksi pergerakan mouse.
Jenis-jenis Port Mouse :
Ø  Mouse Serial.
Ø  Mouse PS/2.
Ø  Mouse USB.
Ø  Mouse Wireless.
·         Keyboard
1.      Pengertian Keyboard
Keyboard atau papan ketik  merupakan sebuah hardware atau papan yang terdiri atas tombol-tombol seperti huruf alphabet (A sampai Z ) untuk menggetikkan kalimat juga terdapat angka dan lain-lain, serta symbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Dalam komputasi papan ketik menggunakan susunan tombola tau kunci untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik.
2.      Jenis Keyboard
Ø  Keyboard Standar
Papan ketik alfanumerik standar full-travel kunci. Papan ketik meja seperti papan ktik tradisional buatan Amerika Serikat 101 tombol atau papan ketik windows 104 tombol termasuk karakter abjad, angka dan tanda baca dan berbagai tombol fungsi.
Ø  Keyboard Ukuran Laptop
Papan ketik pada laptop dan notebook biasanya memiliki jarak lebih pendek untuk keystroke dan satu set tombol kecil. Papan tombol ini tidak memiliki tombol numerik dan tombol tombol fungsi yang ditempatkan di lokasi berbeda dari standar penempatan di papan ketik ukuran panuh.
Ø  Keyboard Ukuran Jempol
Papan ketik kecil telah diperkenalkan untuk laptop (terutama nettops), PDA, ponsel pintar atau pengguna yang memiliki ruang kerja yang terbatas. Sebuah keyer chording memungkinkan beberapa tombol ditekan secara  bersamaan. Misalnya, papan ketika GKO dirancang untuk perangkat nirkabel kecil. Alternatif lain untuk dua tangan yang berfungsi unutk control permainan, seperti AlphaGrip yang juga digunakan sebagai alat memasukkan data dan teks. Sebuah papan jempol (dimodifikasi) diguanakan dalam beberapa penolong digital seperti Palm Treo dan BlackBerry dan beberapa PC Ultra-Mobile seperti OQO.
Ø  Keyboard Numerik
Papan tombol numerik hanya berisi angka, symbol matematika untuk penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, titik decimal dan beberapa tombol fungsi. Tombol ini dikenal sebagai tombol numerik atau angka dan dapat  terdiri dari jenis-jenis tombol : operator aritmatika seperti +, -, *, /, angka 0-9, tombol panah kursor, tombol navigasi seperti home, end, PageUp, PageDown, dan lain-lainnya, tombol NumLock digunakan untuk mengaktifkan menonaktifkan tombol angka.
Jenis  keyboard menurut Port :
Ø  Keyboard Serial.
Ø  Keyboard PS/2.
Ø  Keyboard Wireless.
Ø  Keyboard USB.
·         Monitor
1.      Pengertian Monitor
Monitor adalah sebuah piranti yang bentuknya mirip dengan televise dan menyajikan gambar yang dapat dilihat oleh pengguna komputer.
2.      Jenis Monitor
Ø  Monitor CRT (Cathode Ray Tude)
CRT dikembangkan untuk menerima siaran televise. Milestonenya adalah tabung televise pertama dari Wladimir Kosma Zworykin (1929), full electronic frame rate dari Manfred von Ardenne (1930) dan pengembangan tabung sinar katoda pertama yang dapat direproduksi oleh Allen B. Du mont (1931).
Cara kerja monitor CRT : Pada jenis CRT, layar penampilan menggunakan tabung katoda. Cara kerja dari teknologi ini untuk memunculkan tampilan pada monitor adalah dengan cara memancarkan sinar electron ke suatu titik di layar. Sinar tersebut akan diperkuat untuk menampilkan sisi terang dan diperlemah untuk sisi gelap. Teknologi CRT merupakan teknologi termurah disbanding dua jenis monitor lain yaitu  LCD dan Plasma Gas. Walaupun begitu, resolusi yang dihasilkan sudah cukup baik untuk berbagai keperluan. Adapun kekurangan dari teknologi CRT adalah diperlukan teknologi listrik yang cukup kuat.
Ø  Monitor LCD (Liquid Cyristal Display) atau FDP (Flat Display Panel)
Monitor LCD tidak menggunakan tabung electron tetapi menggunakan sejenis kristal liquid yang dapat berpendar. Teknologi ini menghasilkan monitor yang dikenal dengan nama Flat Display Panel dengan layar berbentuk pipih dan kemampuan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan CRT karena bentuknya yang pipih maka monitor jenis flat tersebut menggunakan energy yang kecil dan banyak digunakan pada komputer-komputer portable.
Kelebihan yang lain dari monitor LCD adalah adanya brightness ratio yang telah menyentuh angka 350:1. Brightness ratio merupakan perbandingan antara tampilan yang paling gelap dengan tampilan yang paling terang.
Liquid Crystal Display menggunakan kristal liquid yang dapat berpendar. Kristal cair merupakan molekul organic kental yang mengalir seperti cairan tetapi memiliki struktur spasial seperti kristal. (ditemukan pakar Botani Austria-Rjeinitzer tahun 1888) dengan menyorotkan sinar melalui ristal cair, intensitas sinar yang keluar dapat dikendalikan secara elektrik sehingga dapat membentuk panel-panel datar.
Lapisan-lapisan dalam sebuah LCD:
§  Palaroid belakang.
§  Elektroda belakang.
§  Plat kaca belakang.
§  Kristal cair.
§  Plat kaca depan.
§  Elektroda depan.
§  Palaroid depan.
Elektroda dalam lapisan tersebut berfungsi untuk menciptakan medan listrik pada kristal cair sedangkan palaroid digunakan untuk menciptakan suatu polarisasi. Dan beberapa kelemahan yang masih dimiliki monitor LCD yaitu kurang mampu diguanakan untuk bekerja dalam berbagai resolusi. Misalnya monitor dengan resolusi 1024 X 768 akan terkesan agak muram jika diperkerjakan pada resolusi 640 X 420, tetapi akhir-akhir ini kelemahan tersebut sudah mulai diatasi dengan teknik anti aliasing.
Cara kerja monitor LCD : Sebuah monitor LCD menggunakan teknologi sejenis kristal liquid yang dapat berpencar, bukan menggunakan tabung electron seperti yang digunakan oleh monitor jenis CRT. Teknologi yang dihasilkan berupa monitor yang dikenal dengan nama flat panel.  Display dengan layar berbentuk pipih dan kemampuan resolusi yang lebih tinggi disbanding dengan CRT karena mempunyai bentuk yang pipih, monitor jenis flat tersebut menggunakan energy yang kecil dan banyak digunakan pada komputer-komputer portable. Kelebihan lain dari monitor LCD adalah terdapatnya brigtness ratio yang telsh menyentuh angka 350:1. Brightness ratio merupakan perbandingan antara tampilan yang paling gelap dengan tampilan paling terang. Beberapa waktu lalu, monitor berjenis LCD ini masih mempunyai masalah pada resolusi. Saat itu, monitor dengan resolusi 1024 X 768 akan terkesan agak muram jika diperkerjakan pada resolusi 640 X 420, tetapi akhir-akhir ini kelemahan tersebut sudah mulai diatasi dengan teknik anti aliasing.
Ø  Monitor LED (Light Emitting Diode), Plasma Gas atau OLED (Organic Light Emitting Diode)
Monitor jenis ini menggabungkan teknologi CRT dengan LCD. Dengan teknologi yang dihasilkan mampu membuat layar dengan ketipisan menyerupai LCD dan sudut pandang yang dapat selebar CRT. Plas gas juga menggunakan fosfor seperti halnya pada teknologi CRT tetapi layar pada plasma gas dapat perpendar tanpa adanya bantuan cahaya di belakang layar. Hal itu akan membuat energy yang diserap tidak sebesar manitor CRT. Kontras warna  yang dihasilkan pun lebih baik dari LCD. Teknologi plasma gas ini sering bisa kita jumpai pada saat pertunjukkan-pertunjukkan musik atau pertandingan-pertandingan olahraga yang spektakuler. Disana terdapat layar monitor raksasa yang dipasang pada sudut-sudut area tertentu. Itulah monitor yang menggunakan teknologis plasma gas.
Cara kerja monitor LED : Monitor berjenis plasma gas merupakan inovasi baru dari teknologi yang diguanakan oleh monitor. Dengan menggabungkan teknologi CRT dan LCD dapat menghasilkan teknologi yang membuat layar dengan ketipisan menyerupai LCD dan sudut pandang yang dapat selebar teknologi CRT. Teknologi plasma gas juga menggunakan fosfor seperti pada teknologi CRT, tetapi layar pada plasma gas dapat berpencar tanpa adanya bantuan cahaya dibelakang layar. Hal ini membuat energy yang diserap tidak sebesar monitor CRT. Kontras warna yang dihasilkan pun lebih baik dari monitor CRT. Monitor dengan teknologi plasma gas ini dapat kita jumpai di berbagai pertunjukkan, jika kita lihat ada monitor raksasa itulah monitor yang menggunakan teknologi plasma gas.
Perbedaan antara monitor CRT, LCD, dan LED:
Ø  Dari segi ukurannya.
Ø  Enertgi listrik yang dibutuhkan CRT cukup besar dan memiliki radiasi elektromagnetik yang cukup kuat dibandingkan yang lain.
Ø  Sebuah monitor LCD menggunakan teknologi sejenis Kristal liquid yang dapat berpencar berbeda dengan CRT yang menggunakan tabung electron da juga monitor berjenis plasma (LED) merupakan inovasi baru dari teknologi yang digunakan oleh monitor.
Ø  Dari segi bentuknya juga berbeda mulai dari yang besar, sedang hingga yang terkecil.
Ø  Cara penggunaannya.
Ø  Tahun pembuatannya.
Ø  Segi teknologi yang digunakan.






1 komentar:


EmoticonEmoticon